Sabtu, 16 Juni 2012

Apa yang harus ada dalam tas P3K ?


Sebagian besar para pecinta kegiatan alam bebas (outdoor) tidak melupakan membawa kotak P3K dalam checklist peralatannya. Tetapi sebenarnya sobat, sebagian besar dari mereka pula banyak yang tidak tahu isi yang harus ada didalam tas P3K atau tidak paham dengan kegunaan barang-barang yang mereka bawa. Dalam artian, sobat semua tidak bisa menganggap remeh apa kegunaan isi tas P3K itu sendiri. Kita memang tidak mengharap sesuatu yang buruk terjadi pada kita, tapi sebaiknya kita mempersiapkan segala sesuatunya jika suatu saat terjadi kecelakaan.
Dalam tulisan ini saya mencoba menjelaskan apa saja yang harus ada dalam tas P3K. Berikut ini adalah daftar perinciannya:


§ Kassa steril
§ Plester dan handsaplast
§ Perban elastis
§ Alkohol 70%
§ Kapas dan Cotton bud
§ Tisu antiseptic
§ Krim nyeri otot atau balsam
§ Minyak kayu putih
§ Oksigen

salah satu merk oksigen kaleng













§ Obat luka luar (Contoh: Betadine)
§ Obat pereda nyeri (antibiotik)
§ Obat sakit kepala
§ Obat demam
§ Obat sakit perut & Maag
§ Obat masuk angin
§ Obat haid
§ Obat keracunan (Contoh:Norit)
§ Vitamin dan madu
§ Pinset
§ Gunting
§ Termometer
§ Sarung tangan karet
§ Masker
§ Peniti
§ Senter dan baterai cadangan
§ Kontak-kontak telepon darurat
§ Buku pedoman P3K


Ada baiknya juga jika sobat paham benar tentang cara memberikan P3K yang benar. Akan percuma kalau sobat mempunyai sarana yang bagus tapi tidak tahu teknik dasar P3K. Jika sobat sudah memahaminya, ajaklah juga teman anggota tim perjalanan yang lain untuk mempelajarinya, sehingga mereka tidak sepenuhnya tergantung pada anda. Jangan lupa pula untuk menchecklist obat-obatan yang sudah kadaluarsa. Semoga sedikit info ini dapat bermanfaat dalam mendukung perjalanan sobat di alam bebas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar